Berikut Cara Terhindar Dari Tagihan Pinjol Ilegal 2022

Praktik pinjaman online atau yang biasa disebut pinjol ilegal semakin marak di Indonesia. Banyak masyarakat yang terjerat bunga tinggi  yang di patok oleh pinjol ilegal.  Menanggapi hal tersebut, Kepala Satgas Waspada Investasi (SWI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam L. Tobing menyebut, jika anda masuk dalam jeratan utang pinjaman online (pinjol) ilegal tak perlu dibayar agar pinjol ilegal jera dan tidak marak di sekitar masyarakat.

Menurutnya, secara hukum perdata, melakukan utang pinjol tidak dapat memenuhi syarat sahnya perjanjian karena mereka itu ilegal. Maka dari itu, secara perdata, tidak memenuhi syarat sahnya perjanjian utang piutang. Juga mereka melakukan tindak pidana pemerasan terhadap penggunanya,” kata Tongam kepada Kompas  TV. Tongam menggarisbawahi cara penagihan pinjol ilegal yang adalah dengan cara sering meneror korban. Ia meminta agar masyarakat lebih baik melapor polisi daripada harus membayar utang jika ditagih pinjol ilegal dengan ancaman yang mereka lakukan. “Kami harap seruan seperti ini (tidak membayar utang pinjol ilegal) akan berdampak pada berkurangnya pinjol ilegal dan memberi rasa jera, karena asumsinya masyarakat tidak akan bayar,” imbuh Tongam.

Menurut OJK Oleh karenanya, jangan panik saat mendapat ancaman dari pihak perusahaan pinjaman online atau pinjol ilegal. Ada cara untuk melaporkan mereka. Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu, marak bermunculan pinjaman online ilegal di tengah masyarakat. Salah satu buktinya adalah semakin banyaknya masyarakat yang mengadu karena dirugikan oleh aksi ketentuan yang diberikan oleh pinjol ilegal.  Maka dari itu, jika kamu berencana menggunakan layanan penyedia pinjaman online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dulu. Salah satunya, pastikan perusahaan pinjaman online tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Satgas Waspada Investasi (SWI) berpesan agar masyarakat berhati-hati dan waspada serta cermat terkait penawaran yang diberikan oleh pinjaman online. Salah satunya, dengan dapat mengetahui pinjol mana yang legal dan pinjol mana yang ilegal. OJK Gerak Cepat Perbaiki Sistem Pinjol Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal Dengan memeriksa di OJK, kita dapat mengetahui apakah aplikasi pinjaman online itu ilegal atau tidak.

Ada 3 cara untuk dapat membedakan apakah suatu pinjol itu legal atau ilegal. Berikut cara mudahnya  :

1. Website OJK dapat mengecek mana pinjol legal yang terdaftar melalui laman OJK:  Akses laman OJK di alamat www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx Buka laman OJK di www.ojk.go.id, pilih menu IKNB, kemudian pilih Finctech di kanan bawah

2. Melalui WhatsApp OJK Anda juga bisa mengecek legalitas pinjol melalui WhatsApp (WA) resmi OJK. Berikut caranya:  Hubungi WhatsApp resmi OJK 081-157-157-157  Buka aplikasi WhatsApp dan buka kontak OJK yang telah tersimpan di ponsel anda, Ketik nama pinjol yang ingin anda cek. Misalnya “pinjolan.com” Kemudian kirim pesan lalu Tunggu hingga bot selesai menelusuri dan memberikan jawaban terkait status pinjol tersebut di OJK

3. Melalui Telepon 157 atau e-mail Pengecekan bisa dilakukan melalui surat elektronik (e-mail) waspadainvestasi@ojk.go.id atau melalui kontak resmi OJK di nomor 157. Cara Melaporkan Pinjol Ilegal Nah, jika kamu sudah terlanjur terjebak dalam pinjol dan mendapatkan ancaman berupa penyebaran data oleh pihak pinjol ilegal, kamu tak perlu khawatir. Kamu dapat melaporkan kasusnya ke instansi-instansi terkait.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories