2022 Lebih Baik iPhone atau Android ?

iPhone atau Android?

Persaingan ketat di pasar smartphone antara iPhone dan Android seakan tidak ada habisnya. Akhir – akhir ini kedua pihak menghadirkan iOS 15 dan Android 12, sistem operasi terbaru dari masing-masing pengembang memiliki kelebihannya dan keunikan yang tersendiri.

Android merupakan sistem operasi smartphone yang dikembangkan oleh Google yang melekatkan identitasnya pada ponsel seri Pixel, dan juga membiarkan pihak seperti Samsung, Oppo, Sony, dan merek lain untuk menambahkan fitur mereka untuk mengembangkan produknya masing-masing.

Sedangkan iOS merupakan sistem operasi mobile untuk iPhone, iPad, dan iPod touch, sehingga Apple tidak perlu repot membuat kode yang harus cocok dengan ratusan gawai berbeda dari selusin produsen berbeda.

Kedua pengembang memiliki kelebihannya dan kekurangannya masing-masing, diantaranya :

Kelebihan Pada Android :

Banyak pilihan harga

Banyak pilihan harga mulai yang murah sampai dengan yang mahal Mayoritas smartphone yang tersebar di pasaran merupakan ponsel dengan sistem operasi Android karena banyak produsen ponsel yang menggunakan sistem operasi android pada produk yang mereka produksi. Hal tersebut yang dapat membuat ponsel Android tersedia dalam rentang harga yang sangat variatif mulai dari yang termurah di harga Rp1 jutaan hingga kelas flagship yang dibanderol belasan hingga puluhan juta. Rentang harga yang variatif membuat pengguna dapat menyesuaikan ponsel dengan kantong mereka. Tetapi, hal ini tidak berlaku pada iPhone yang berdasarkan sejarah selalu mematok harga yang terbilang mahal pada ponsel yang baru dirilisnya.

Banyak opsi personalisasi atau custom

Meski kedua pesaing sistem operasi ini sama-sama terus berkembang terhadap produknya, pihak Android terkenal memiliki reputasi sebagai platform bagi pengguna yang senang melakukan penyesuaian atau custom pada perangkatnya.

BACA JUGA :  Pinjaman Mobil Online, Bisa?

Hal tersebut dapat dilihat dari tampilan Home Screen Launcher yang menawarkan widget dinamis dan memiliki kemampuan untuk menaruh posisi aplikasi di mana saja di layar Home, yang baru diikuti iPhone melalui iOS 14. Pengguna bahkan dapat mengganti launcher atau tema bawaan yang ada dengan launcher yang dapat diunduh dari Google Play Store maupun di internet. Android juga memperbolehkan penggunanya mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengganti sejumlah aplikasi inti seperti browser, keyboard, dan media player-dan menjadikannya aplikasi utama dibanding aplikasi bawaan ponsel.

Kelebihan pada iPhone :

Memiliki Desain Yang Mewah

Kelebihan smartphone iPhone dibandingkan dengan android adalah dari desain dan tampilan. Berbeda dengan Android yang diproduksi oleh banyak pengembang, Iphone merupakan produksi tunggal dan hanya dimiliki oleh pengembang, yaitu Apple.Inc. Hal tersebut menjadikan Iphone memiliki ciri khas untuk semua jajaran produknya yang dijual dipasaran.

Memiliki Kamera Dengan Kualitas Terbaik

Salah satu kelebihan yang dimiliki iPhone dibandingkan dengan Android yang saat ini masih unggul adalah dari sektor kameranya. Produk Apple ini kebanyakan tidak mementingkanseberapa besar jumlah pixel yang disematkan pada kameranya. Namun, Apple lebih mementingkan bagaimana agar konsumennya memiliki smartphone yang kamera kualitas tinggi. Hingga saat ini, para pengguna produk Apple ini meyakini bahwa dibandingkan dengan jajaran flagship Android sekalipun, kamera iPhone diyakini masih menyuguhkan ciri khas yang berbeda dengan hasil yang lebih alami dan natural dibandingkan Android, sehingga hal itu menjadikan kamera iPhone memiliki kelebihan dibandingkan dengan android.

About admin

Check Also

Mengatur Pinjaman Untuk Mahasiswa Terbaik

Mengatur Pinjaman Untuk Mahasiswa Terbaik

Mengatur pinjaman mahasiswa terbaik Pengorganisasian Pinjaman Pelajar Terbaik, Cara Mengurangi Beban Bulanan Anda Pergi ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories